TaKaKuAtの日記

インドネシア語の学習記録です。

イスラム金融とは?金利がないのにどうして銀行業が成り立つのか?

 

スラマット マラム🌟

 

金融関係続きですが、今回は「イスラム金融」をテーマに、

私が調べてまとめたことを記事にしていきます。

 

私は今回、インドネシア語・日本語両方で情報収集をした後、

尼語で文章を書き、その後尼語の文章を日本語訳しました。

 

尼語の文章は日本語の後に載せますが、

日本語訳している中で付け足した箇所がいくつかありますので、

日本語は尼語の文章に完全に対応しているわけではない

ということを事前にご了解頂けたらと思います。

 

 

イスラム金融について

 イスラム銀行とは、シャリーアと呼ばれるイスラム法に基づいて運営されている銀行のことである。そもそもシャリーアとは、クルアーンハディースなどを法源とし、人間に対し何を禁止しどのような行いをすべきかを定めた人生の道しるべともいえるイスラム教の法律である。イスラム教の教えに則った経営方針をとらない従来の金融機関とは異なり、イスラム銀行イスラム教の教えに反することなく金融業を営む必要がある。

 

 まず、イスラム金融においてハラーム(禁忌)とされている行為とはどんなものがあるのか、以下に例を挙げる。

  • リバー(Riba/利息)

  イスラム教の教えによると、人々は自らの生計を立てるために労働すべきであると提言している。そのため、他人の預金から利子をとるというような消極的・受身的に利益を得る行為は好ましくないとの認識がある。また、貸し手が貸した金額に上乗せして返済を求める行為は、経済的に困窮している人間をより一層苦しめる行為と同じだと明言されている。

 

  • マイシール (Maisir/投機行為)

  マイシールは一般的に賭博・投機行為のことを指す。イスラム教は働かずともお金が得られる行為(=ギャンブル)を禁止している。

 

  • ガラール (Gharar/不確実性)

  イスラム金融は、ある取引商品の数量・質・価格・受け渡し時期などが不透明で投機的な場合、取引を行うことを禁止している。例えば、妊娠中の牝牛のお腹の中にいる子どもを出産前に購入する行為などがこれに当てはまる。

 

  • イフティカール (Ihtikar/買い溜め行為)

  イフティカールとは買い溜め・独占行為のことで、イスラム教はこれを禁止している。なぜなら、ある食品等の品薄状態が起きた際、ある特定の者だけが利益を得られるという不公平な状況を引き起こしかねないからである。

 

  • ハラーム (Haram/禁忌)

  ハラームとはイスラム教の教えの中で禁じられている行為を指す。イスラム金融も、イスラム法でハラームとされる要素を含む行為を禁止しており、ハラーム食品や酒類の製造者への投資行為もその一例である。

 

 

 一般的に、従来の銀行は顧客に貸したお金と、利子として顧客から銀行側へ返されたお金の差額を利益としているが、イスラム銀行の場合はどうだろうか?何故、イスラム銀行は利子から利益を得ることができないのに銀行として営業していけるのだろうか?以下では操業形態について説明する。

 

 イスラム金融が利子をとらなくても営業していけるのは、金融システムを「金貸し」から「商売」へと発想を変えたというからくりがある。どういう意味かというと、イスラム教の聖典内で語られる「アッラーは利子を禁止したが、商売をお許しになった。」という言葉に則り、「利子」という概念そのものを「商売取引に対する付加価値又は手数料」に変えてしまったと私は解釈している。

 

 具体的にイスラム金融がどのようなスキームを採っているのか。基本的には、銀行と顧客の売買取引が行われる前に、アカッド (akad) と呼ばれる契約が結ばれる。アカッドのいくつかの代表的な種類としては、

  ムダーラバは、顧客側が提供した資金を銀行側がある事業者に投資するためのパートナーシップ契約である。事業に利益が出た場合、その利益はニスバーと呼ばれるあらかじめ合意された利益配分で顧客と銀行の双方に分配されるが、損失が生じた場合は銀行側がすべてを負担する仕組みとなっている。

 

  • ムシャーラカ (Musyarakah)

  ムダーラバに似ているが、異なっているのはムシャーラカでは銀行と顧客双方がある事業へ資金を投じ、利益・損失が生じた場合どちらにおいても、捻出した投資金の割合に合わせた配当金の受け取り又は損失を請け負う点である。

 

  • ムラーバハ (Murabahah) 

  ムラーバハは簡単に言うと、顧客が欲しい商品を銀行が代わりに購入する約束を意味する。例えば、車を購入したい顧客がいるとする。銀行側は顧客の要望に見合う車を探し、購入する。顧客は商品引き渡しの際に車の代金と手数料を上乗せして銀行に支払うという仕組みである。

 

  • イスティスナ (Istishna)

  ムラーバハと構造は似ているが、イスティスナは商品がまだ出来上がっていない状態で銀行が発注を代わりに請け負う契約となる。発注時に銀行が代金を立て替えし、商品の引き渡しの時に顧客が代金に加えサービス料を払うという契約である。

 

 

 このような金融スキームによって、イスラム金融は顧客から利子を採らずとも利益を生み出すことを可能としている。実は、イスラム金融が行っている独自の資金調達の方法は、バランスシート、つまり貸借対照表からも見て取れる。

 

 貸借対照表は通常、assets(資産), liabilities(負債), equity(純資産)の3つの部分から構成されている。左側には、ある企業がどれくらいの資産を有しているかが示されており、右側にはどのようにその資産を得たかが記載される。例えば、借金や株などの第三者による投資によって得た資金などが右側に計上される。

 

 しかし、一般のケースと異なり、イスラム銀行貸借対照表には一時的協力資金 (dana syirkah temporer) という項目が追加される。この資金は、一定期間銀行側の所有下でムダーラバ等のための投資資金として用いられる。この一時的協力資金は負債とも純資産とも同一視することはできない。なぜなら負債のように貸し手に必ずしも返す必要はなく、株とは異なり保有期限があるからだ。

 

 イスラム金融は確かに、日本を含めたイスラム教徒が住民の過半数を占めてない国にある銀行とは全く違う金融システムを適用しているが、今やイスラム金融は世界で驚くべき成長をみせている。また、スクークといわれるイスラム債に対する世界各国からの注目が高まる一方である状況を鑑みると、イスラム教の信者が少数な国においても、世界の金融機関がイスラム金融へ移行する時は近いのかもしれない。

 

 

Apa Itu Bank Syariah?

     Bank syariah adalah bank yang beroperasi berdasarkan ketentuan hukum Islam atau syariat Islam. Syariat Islam sendiri memiliki landasan hukum, yaitu Al-Quran serta Hadits yang menentukan apa saja yang dilarang untuk dilakukan serta apa yang sebaiknya dilakukan oleh umat manusia. Berbeda dengan bank konvensional yang pelaksanaannya tidak berprinsip pada ajaran agama Islam, bank syariah harus menjalankan bisnisnya tanpa melakukan hal yang diharamkan oleh aturan agama Islam. 

 

     Adapun hal-hal yang diharamkan bagi bank syariah adalah sebagai berikut: 

  • Riba

Dalam agama Islam, orang-orang dianjurkan untuk bekerja untuk mendapatkan nafkah sehingga perbuatan memperoleh keuntungan secara pasif dianggap tidak baik, misalnya mengambil bunga dari deposito orang lain. Selain itu, mengambil keuntungan yang lebih banyak daripada jumlah pinjaman dikatakan seolah-olah sama dengan menyusahkan orang yang sedang mengalami kesulitan ekonomi. 

  • Maisir

Maisir umumnya diartikan sebagai perjudian. Hukum Islam melarang untuk melakukan hal-hal yang bersifat perjudian.

  • Gharar

Gharar artinya ketidakjelasan. Bank syariah dilarang untuk melakukan suatu transaksi jika transaksi tersebut tidak pasti atau spekulatif dari segi kuantitas, kualitas, harga, atau waktu penyerahan. 

  • Ihtikar

Ihtikar adalah perbuatan menimbun. Hukum Islam melarang perbuatan menimbun karena perbuatan tersebut bisa memberikan keuntungan kepada pihak tertentu secara tidak wajar ketika terjadi kelangkaan suatu barang. 

  • Haram 

Seperti yang diungkapkan kitab suci, agama Islam mengharamkan sejumlah benda dan perbuatan. Bank syariah juga tidak diperkenankan untuk melakukan hal yang mengandung unsur haram, misalnya investasi kepada produsen makanan haram, minuman keras, dan sebagainya.

 

 

     Pada umumnya, bank konvensional mendapatkan laba dari selisih jumlah uang antara uang yang dipinjamkan kepada nasabah dan uang yang dikembalikan kepada bank sebagai bunga. Lalu, bagaimana dengan bank syariah? Kenapa bank syariah tetap bisa beroperasi padahal tidak bisa mendapatkan keuntungan dari riba? 

 

     Caranya adalah dengan mengubah sistem perbankan dalam bentuk jual beli. Hal ini tentunya berpedoman pada perkataan-perkataan dalam kitab suci. Salah satunya, “Allah mengharamkan riba tetapi menghalalkan jual beli.

 

     Sebelum melakukan kontrak jual beli antara kedua belah pihak, ada proses perjanjian yang disebut dengan akad. Saya ingin menjelaskan beberapa jenis akad: 

  • Mudharabah

Dalam konsep mudharabah, pihak bank dan nasabah bekerja sama menginvestasikan suatu usaha. Hasil usaha akan dibagi kepada kedua belah pihak sesuai dengan nisbah atau rasio bagi hasil yang telah disepakati dan kerugian pada prinsipnya akan ditanggung penuh oleh bank. 

  • Musyarakah

Dalam skema ini, bank syariah dan nasabah sama-sama mengeluarkan dana untuk suatu proyek. Hasil proyek akan dibagi sesuai dengan kesepakatan awal dan kerugian juga akan dibagi sesuai dengan porsi dana yang dikeluarkan masing-masing. 

  • Murabahah

Murabahah adalah perjanjian jual beli atas suatu barang yang nasabah inginkan. Misalnya, seorang nasabah ingin membeli mobil, lalu bank syariah mencarikan mobil dan membelinya dengan modal sendiri. Kemudian bank menerima uang dari nasabah sesuai dengan harga mobil ditambah komisi. 

  • Istishna

Istisna sama konsepnya dengan murabahah, yaitu perjanjian jual beli. Namun, istishna dilakukan pada saat barangnya belum jadi. Bank syariah memesan suatu barang yang biasanya berupa bangunan kepada produsen sesuai dengan pesanan nasabah, lalu barangnya akan diserahkan kepada nasabah jika sudah jadi. Nasabah harus membayar harga barang beserta komisi kepada bank ketika barang diserahkan. 

 

 

     Dengan skema-skema ini, bank syariah dapat memperoleh keuntungan tanpa harus mengambil bunga dari nasabah. Metode mengumpulkan harta yang unik yang diambil bank syariah juga sebenarnya bisa kita lihat dari laporan posisi keuangan atau balance sheet bank syariah. 

 

     Laporan posisi keuangan pada umumnya dibagi menjadi 3 bagian, antara lain aset, liabilitas, dan ekuitas. Di sebelah kiri diperlihatkan berapa aset yang dimiliki oleh sebuah entitas usaha, sedangkan di sebelah kanan tertulis bagaimana dia mendapatkan aset tersebut, entah dengan berutang atau melalui investasi dari pihak ketiga. 

 

     Namun, berbeda dengan umumnya, ada 1 bagian lagi pada laporan posisi keuangan bank syariah, yaitu dana syirkah temporer. Dana syirkah temporer merupakan dana yang diterima bank syariah dengan jangka waktu tertentu sebagai investasi yang digunakan untuk pelaksanaan mudharabah dan sebagainya. Dana syirkah temporer tidak dapat disamakan baik dengan liabilitas maupun ekuitas karena tidak harus dikembalikan kepada pemilik dana sama seperti liabilitas dan juga karena akan jatuh tempo berbeda dengan saham.    

 

     Bank syariah memang memiliki sistem keuangan yang sangat berbeda dengan bank konvensional yang masih dominan di negara-negara berpenduduk non-muslim. Namun, perbankan syariah memperlihatkan pertumbuhan yang pesat tahun ke tahun dan minat terhadap surat berharga syariah atau sukuk juga kian meningkat. Jika melihat kondisi seperti ini, siapa tahu sistem perbankan di negara-negara non-muslim akan berhijrah ke sistem perbankan syariah.  



終わりに

 つい先日からイスラム金融についての勉強を始めたばかりでまだまだ知識や理解が浅いですが、時代の変遷に柔軟に対応し、新しいことを次々と生み出したり受け入れていくイスラム教の強みを見ることができました。

 私は無宗教だと自覚していますが、インドネシア語の勉強を始めて以来、世界で信仰されている宗教(特にイスラム教)を勉強する必要性を強く感じるようになりました。宗教を知ることでその信者たちの考え方も知ることができますし、尼語を介して学習することで日本語のみを話していた時とは違うものの見方ができるようになりました。

 私が忘れられない言葉で、「言語は色眼鏡である」というものがあります。例えば、日本語母国者は黄色がかった黄緑色のリンゴを見たとき、そのリンゴを「青りんご」と呼びますが、多くの他言語話者は「緑のリンゴ(グリーンアップル)」と口にするでしょう。つまり、「日本語という眼鏡を通す」ことによって色が変わってしまうんです。これは私たちが、言葉によって見ている世界を認識し、言葉を使って考えているからだといわれています。

 話を戻すと、日本語だけでなく尼語も使って世界を見てみると、実は自分は宗教や世界の出来事などに対しかなり偏見を持っていたとに気づきました。もっとたくさんの言語を習得すれば、もっと多角的に広く世界を知ることができるかもしれないですね。そろそろ英語の勉強も始めようと思います…。

 

 

Sumber Acuan *一部のみ

https://www.joi.or.jp/pdf/0704_IslamicFinance.pdf →イスラム金融の概要

https://eneken.ieej.or.jp/data/pdf/1654.pdf →拡大するイスラム金融とその限界

https://info.isi-grp.co.jp/blog/grandit/balance-sheet-3points →貸借対照表の基本的な見方

https://id.wikipedia.org/wiki/Perbankan_syariah →Perbankan Syariah (Wikipedia)

 

 

 

今回もお読みいただきありがとうございました。

 

31 Maret 2022 Takakuat