TaKaKuAtの日記

インドネシア語の学習記録です。

刑法改正案に係る諸問題について

 

こんにちは☂

今回の内容はRUU KUHP(刑法改正)についてです。

先日ニュースで報道されているのを見てこの問題について初めて知り、とても興味が湧いたので少し詳しく調べてみました。

インドネシア語で文章を作った後、日本語に訳しています。間違いや変なインドネシア語の表現があったらすみませんm(__)m

 

 

Rancangan Undang-Undang Kitab Undang-Undang Hukum Pidana

刑法改正案について

 

Kali ini saya mengangkat tema pembahasan tentang RUU KUHP yang sedang kembali ramai di Indonesia. Sebelumnya, RUU KUHP ini sudah hampir disahkan 2 tahun yang lalu. Namun, karena pemerintah mendapat penolakan keras dari sejumlah masyarakat pada saat itu, pengesahan RUU KUHP ditunda hingga saat ini. Meski begitu, pada tanggal 6 Juli kemarin, draf RUU KUHP akhirnya diserahkan oleh pemerintah kepada DPR sehingga pengesahan RUU KUHP ini sudah di depan mata.

今回、私は今再びインドネシアで注目されている刑法改正案についてテーマを取り上げました。実は、この改正刑法は2年前にほぼ法案が確定されていましたが、その当時一部の国民から強い反対の声が上がったため、改正刑法の立法は今現在まで叶っていません。しかし一転して、7月6日に刑法改正案が政府から国会へ提出されたことにより、改正刑法の制定が一気に間近に迫ってきました。

 

Tujuan pemerintah berusaha mengesahkan RUU KUHP ini secara singkatnya adalah ingin mengganti KUHP lama karena KUHP lama dibentuk pada tahun 1946 dan merupakan peninggalan pemerintah Hindia Belanda yang menjajah Indonesia pada masa kolonial. Selain itu, RUU KUHP ini juga diharapkan akan lebih universal, modern, dan relevan dengan dinamika masyarakat. 

Meskipun RUU KUHP ini ditargetkan akan disempurnakan dan disahkan dalam tahun ini, masih ada sejumlah hal-hal yang kontroversial yang perlu dibahas lebih lanjut. 

政府が改正刑法の制定を進める目的は、主なものを挙げると、現在の刑法はインドネシア独立直後の1946年に制定され、かつて植民地時代にインドネシアを占領していたオランダのいわば「遺産」でもあることから、政府には古い刑法を取り替えたいという意向があるのです。また改正刑法は、インドネシア全土に渡り共通的で、現代的で、社会の変遷に適応した法になることが望まれています。改正刑法は今年中に完成させ、制定まで行われることが目標ですが、まだ今後も議論を必要とする問題が何点か残っています。

 

Berikut penjelasan-penjelasan singkat tentang isu-isu RUU KUHP. 

Menurut informasi yang saya dapat, dari total 632 pasal, ada sebanyak 14 poin yang menjadi isu krusial dalam RUU KUHP, tetapi kali ini saya memilih hanya 7 poin dari 14 poin tersebut.

以下では、改正刑法にまつわる問題を簡単に説明していきます。いくつかの情報によると、合計632条あるうち14の項目が刑法改正案における需要な論点となっています。今回はその14の項目から7つをピックアップしてご紹介していきます。

 

Yang pertama adalah mengenai hukum yang hidup. Sederhananya tindakan yang tidak ditetapkan oleh KUHP sebagai tindak pidana juga nantinya dapat dihukum jika tindakan tersebut diatur dalam hukum pidana adat baik secara tertulis maupun tidak tertulis.

1つ目は、「生ける法」についてです。 簡単に言うと、刑法に規定されていない行為でも「慣習法」によって違反行為と定められていれば、罰せられるということです。慣習法による規定は書面に記されていないものも含みます。

 

Kedua, tindakan penyerangan terhadap harkat martabat presiden dan wakil presiden, yakni seseorang yang secara terang-terangan menyerang kehormatan atau melakukan penghinaan terhadap presiden dan wakil presiden kecuali untuk kepentingan umum atau untuk pembelaan diri, bisa dihukum dengan pidana penjara paling lama 3 tahun 6 bulan atau denda paling banyak Rp200 juta. 

2つ目に、大統領及び副大統領の威厳に対する侵害行為です。公共の利益や自己防衛のための行為を除き、公然と大統領及び副大統領の名誉を傷つけ、侮辱を行う者は、3年以下の懲役若しくは2億ルピア以下の罰金に処されます。

 

Ketiga, Setiap orang yang mengaku dirinya memiliki kekuatan gaib, menawarkan, memberikan bantuan untuk “menyantet” seseorang akan diancam pidana penjara maksimal 1 tahun 6 bulan atau denda paling banyak Rp200 juta. 

3つ目、自身が魔力を持っていると言い、勧め、ある者に対し魔法をかけるサービスを提供した者は、1年6か月以下の懲役若しくは2億ルピアの罰金刑に課されます。

 

Keempat, perzinaan atau perselingkuhan, kumpul kebo atau pasangan yang tinggal serumah di luar perkawinan juga akan dipidana dengan ancaman pidana penjara paling lama 1 tahun atau denda maksimal Rp10 juta untuk perzinaan, dan pidana penjara paling lama 6 bulan atau denda paling banyak Rp10 juta untuk kumpul kebo. Bahkan, pemerkosaan yang dilakukan oleh suami terhadap istrinya juga akan menjadi pelanggaran hukum. 

4つ目、不貞を働いた者及び婚姻関係なく同居するカップルも罰せられます。不貞については1年以内の懲役若しくは1千万ルピア以下の罰金、同棲については6か月以内の懲役若しくは1千万ルピア以下の罰金です。さらに、夫が妻に対して行った強制性交も違法行為と定められるようになりました。

※「カップル」って法律用語だとどんな表現になるのでしょう??異性であることが前提になっている気がするので、「婚姻関係のない男女」になってしまうんでしょうか…?

 

Kelima, perempuan yang melakukan aborsi serta seseorang yang melakukan aborsi terhadap seorang perempuan hamil akan dikenai hukuman kecuali aborsi yang dilakukan terhadap korban pemerkosaan dan/atau untuk kedaruratan medis. Ancaman hukumannya berupa pidana penjara paling lama 4 tahun untuk perempuan, dan pidana penjara paling lama 5 tahun untuk orang yang melakukan aborsi terhadap perempuan. 

5つ目、堕胎を行った女性及び妊娠している女性に対し堕胎させた者は、当該女性が強制性交被害者又は緊急の医療措置のためであった場合を除き、罰せられます。堕胎を行った女性については最長4年の懲役刑、堕胎させた者については最長5年の懲役刑が課せられます。

 

Keenam, seseorang yang bergelandangan di jalan/tempat umum yang mengganggu ketertiban umum bisa dikenai denda paling banyak Rp1 juta.

6つ目、道路又は公共の場所で生活し、公序良俗を乱す者は、100万ルピア以下の罰金刑に処されます。

 

Ketujuh, seseorang yang membiarkan unggas peliharaannya berkeliaran di kebun/tanah orang lain yang akan/sudah ditanami akan dihukum denda paling banyak Rp10 juta, bahkan unggas tersebut juga akan disita oleh negara.

7つ目、植物が植えられている又は植えられる予定の他人の農地若しくは土地に、自己が所有する家禽を放した者は、1千万ルピア以下の罰金が課され、当該家禽は国に没収されます。

 

Sekian penjelasan singkat mengenai isu-isu kontroversial terkait RUU KUHP. Mohon maklumi bahwa saya sengaja menyingkirkan ketentuan-ketentuan yang lebih mendetail dari masing-masing pasal supaya lebih mudah dan jelas. Jika ada yang tertarik untuk mengetahui rinciannya, silakan lihat situs-situs di bawah.  

以上が、刑法改正案に関して物議をかもしている問題になります。ご承知願いたいのは、より簡単で明確に伝えられるよう、それぞれの条にある規定の詳細部分を多く省いているという点です。詳細が気になる方がいましたら、是非以下のサイトをご覧ください。

https://www.hukumonline.com/pusatdata/detail/17797/rancangan-undang-undang-2019

https://tirto.id/daftar-14-isu-krusial-di-rkuhp-final-yang-jadi-sorotan-publik-gtPH

 

Indonesia adalah negara yang terdiri atas banyak suku, budaya, dan bahasa sehingga sangat sulit untuk membuat sebuah undang-undang yang dapat memuaskan semua lapisan masyarakat. Akan tetapi, sebuah hukum apalagi hukum pidana yang sangat berkaitan dengan kebebasan manusia harus selalu adil dan jangan sampai memberikan kenyamanan kepada sepihak saja. 

インドネシアは多様な民族・文化・言葉から構成されている国です。そのため、全ての国民にとって満足のいく法律を作ることは、当然難しいことです。しかしながら、法律、ましてや人間の自由に密接に関係する刑法は、常に公正で、一方のみに便益を与えるようなものになってはいけないのです。

 

 

"Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung" (郷に入っては郷に従え)という諺のように、私たち日本人もインドネシアへ行けばインドネシアの法律を遵守しなければいけません。なぜなら、インドネシアも日本も「属地主義」を採用しているからです。つまり、日本国籍を持たない者も日本で犯罪を犯せば日本の法律で逮捕され、起訴され、処罰されるように、インドネシアでも外国人で犯罪を犯した者に対し同様の法的措置がとられます。

これは旧刑法の第二条、改正刑法の第四条に明記されています。以下は改正刑法第四条の引用です。

 

Asas Wilayah atau Teritorial 

Pasal 4 

Ketentuan pidana dalam Undang-Undang berlaku bagi Setiap Orang yang melakukan: 

  1. Tindak Pidana di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia; 
  2. Tindak Pidana di Kapal Indonesia atau di Pesawat Udara Indonesia; atau 
  3. Tindak Pidana di bidang teknologi informasi atau Tindak Pidana lainnya yang akibatnya dialami atau terjadi di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau di Kapal Indonesia dan di Pesawat Udara Indonesia. 

属地主義(訳)

第四条

以下の行為をした者に対し、法律内の刑罰規定が適用される。

  1. 単一国家インドネシア共和国の領域内での犯罪行為
  2. インドネシア籍船若しくはインドネシア国籍の航空機での犯罪行為、又は
  3. 情報技術分野での犯罪若しくは他の犯罪行為で、単一国家インドネシア共和国の領域内又はインドネシア籍船若しくはインドネシアの航空機で発生若しくは被害に遭われたもの。

 

※Asas teritorial は属地主義といい、日本でもこの原則を採用していますが、アメリカは属人主義を適用しているため、アメリカ人国籍で犯罪をアメリカ国外で犯した人はアメリカの法律で裁かれるようです。

 

 

 

刑法改正案にまつわる7つの問題

改正案に対する疑問点(個人的疑問を含む)

 

参考サイト:

https://www.hukumonline.com/berita/a/10-hal-penting-dalam-ruu-kuhp-lt60c868ecde9e5?page=1 

10 Hal Penting dalam RUU KUHP

https://www.kemenkumham.go.id/berita/wujudkan-negara-hukum-dengan-ruu-kuhp

Wujudkan Negara Hukum dengan RUU KUHP

https://news.detik.com/berita/d-5593604/ruu-kuhp-bagi-8-kategori-denda-maksimal-rp-50-miliar

RUU KUHP Bagi 8 Kategori Denda Maksimal 50 Miliar

https://tirto.id/daftar-14-isu-krusial-di-rkuhp-final-yang-jadi-sorotan-publik-gtPH

Daftar 14 Isu Krusial di RKUHP Final yang Jadi Sorotan Publik

https://www.hukumonline.com/pusatdata/detail/17797/rancangan-undang-undang-2019

Rancangan UU 

 

書き終わった後に日本語の記事を見つけました(-"-)

これから一つ一つ読んでいこうと思います。

(↓こちらの記事、わかりやすかったです)

https://nishizawa-law.com/blog_idn/?p=1784

刑法改正等に関する近時のデモについて

 

今回もお読みいただきありがとうございました。

Terima kasih sudah membaca blog saya!

 

13 Juli 2022 Takakuat