TaKaKuAtの日記

インドネシア語の学習記録です。

なぜ犯罪者はマネーロンダリングを行う必要があるのか

こんばんは。

今回も金融関係のお話で、マネーロンダリングについて

私が調べてまとめたことを記事にしていこうと思います。

 

それでは早速本題に入っていきましょう。

いつもと同様、本文の後に単語のまとめを入れます。

 

Karangan: 

Kali ini, saya akan mengurai apa itu pencucian uang

Jika mengacu pada KBBI, pencucian berarti proses membersihkan sesuatu dengan air dsb, sedangkan uang adalah sama dengan harta atau kekayaan. Dari makna sesungguhnya ini, istilah pencucian uang diciptakan dengan definisi sebuah tindakan kejahatan menyembunyikan atau menyamarkan asal-usul uang yang diperoleh melalui tindakan kejahatan lain supaya uang hasil kejahatan tersebut seolah-olah didapatkan secara legal. 

 

Dalam teori kriminologi, tindak pidana pencucian uang disebut dengan kejahatan lanjutan karena sebelum seorang pelaku melakukan pencucian uang, pasti ada perbuatan kejahatan lain yang dikenal dengan kejahatan asal. Kejahatan asal yang yang kemudian sering diikuti tindak pidana pencucian uang adalah antara lain, pencurian, penipuan, perampokan, penggelapan pajak, korupsi, dsb. 

 

Kenapa tindakan pencucian uang harus dilakukan oleh para penjahat? 

Secara gamblangnya, alasan mereka harus melakukan pencucian uang adalah karena harta yang didapatkan dengan tindak kejahatan juga merupakan salah satu barang bukti bagi aparat penegak hukum sehingga untuk menikmati hasil kejahatan tanpa dicurigai polisi, mereka perlu melakukan pencucian uang. Dengan kata lain, semakin banyak harta yang diperoleh melalui tindakan kejahatan, semakin perlu melakukan pencucian uang baik supaya tidak terendus polisi maupun supaya bisa memakai harta hasil kejahatan dengan aman. 

 

Pada umumnya, pencucian uang dibagi menjadi 3 tahap, yaitu apa yang dikenal dengan placement, layering, dan integration

Placement adalah perbuatan menempatkan uang hasil kejahatan ke dalam sistem keuangan baik sistem keuangan konvensional maupun yang non-konvensional seperti bank online atau dalam bentuk uang kripto. 

Layering adalah perbuatan memisahkan atau menjauhkan uang hasil kejahatan dari asal-usul uang tersebut dengan berulang kali melakukan transfer melalui sejumlah rekening bank supaya sumber uangnya sulit dilacak. 

Integration adalah perbuatan menggabungkan uang hasil kejahatan dengan uang yang dimiliki secara sah. Misalnya, membeli properti, membeli barang berharga, melakukan investasi, atau memberikan sumbangan kepada organisasi fiktif dan dengan perbuatan ini, pelaku pencucian uang dapat mendapatkan uang yang sudah “bersih” dengan menukar dengan uang atau mengembalikan uang yang disumbangkan. 

referensi: https://the-owner.jp/archives/5686   

 

Di Indonesia, tindakan pencucian uang dilarang berdasarkan UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). Sementara di Jepang, tindakan ini dapat ditindak berlandaskan UU Pencegahan Pemindahan Uang Hasil Kejahatan dan UU tentang Pemidanaan Kejahatan Terorganisir dan Pengendalian Hasil Kejahatan.

 

Namun, di tengah kian banyaknya metode transfer antar bank serta pengelolaan harta kekayaan, upaya pencegahan tindak pidana pencucian uang tidak cukup jika hanya dilakukan di sebuah negara saja, tetapi mesti diperlukan koordinasi serta kerja sama dari setiap negara mengingat makin singkatnya proses transfer uang antar negara dan tidak sedikit uang yang kemudian dipergunakan untuk kegiatan terorisme serta proliferasi senjata.    

 

Untuk memberantas tindak pidana pencucian uang yang memungkinkan para penjahat menikmati hasil kejahatan sendiri maupun para terorisme mendapatkan dana atau senjata guna melakukan aksi terorisme yang sangat mengancam keselamatan dunia, sebuah organisasi telah dibentuk sejak tahun 1989, yaitu organisasi yang disebut dengan Financial Action Task Force on Money Laundering (FATF).  

 

FATF merupakan forum koordinasi dan kerja sama internasional demi mencegah dan memberantas tindak pidana pencucian uang, tindak pidana pendanaan terorisme, serta proliferasi senjata pemusnah massal. 

 

Sebanyak 39 negara dan kawasan sudah menjadi anggota FATF, tetapi Indonesia belum bergabung dengan organisasi ini. 

 

Di sisi lain, Jepang adalah salah satu anggota yang sudah tergabung sejak pendiriannya. Namun, menurut hasil evaluasi bersama yang dilakukan FATF secara berkala, Jepang dinobati sebagai negara yang kurang cukup upaya pencegahan pencucian uang. Pengakuan dari negara lain mengenai kecukupan upaya pencegahan pencucian uang sangat penting karena hal itu langsung berpengaruh pada kredibilitas sistem keuangan negara di mata internasional. 

 

Oleh karena itu, untuk menjaga hubungan internasional dari segi finansial juga, negara-negara kita didesak untuk meningkatkan upaya pencegahan pencucian uang. 

referensi: https://www.kemenkeu.go.id/publikasi/berita/menkeu-tegaskan-komitmen-kemenkeu-pada-pencegahan-dan-pemberantasan-tppu-dan-tppt/

 

Kosakata: 

 

Penutup: 

しばらく長いことインドネシア語で作文する練習をしていないと

インドネシア語の感覚がどうしても鈍ってしまっていると感じました。

 

普段仕事中や家族との会話などでインドネシア語を使う機会が皆無なので、

休日などの空いている時間にもっとインドネシア語に触れる時間を作らないといけないですね(;一_一)

(その上、リスニング・リーディング・ライティングなど満遍なく鍛え続ける必要がありますね…)

 

 

Saya pernah mendengar sebuah cerita bahwa pelajar bahasa asing itu layaknya sedang naik eskalator yang berjalan turun sehingga jika kita tidak berusaha menaikinya, otomatis kita makin ke bawah saja. 

Apa yang dimaksud dengan cerita ini adalah kita yang mempelajari suatu bahasa asing harus konsisten belajar supaya kemampuan berbahasanya tidak menurun. 

Hal terpenting adalah konsistensi, bukan seberapa banyak belajar dalam satu hari..

 

Terima kasih sudah membaca blog saya

 

13 Maret 2022 Takakuat