TaKaKuAtの日記

インドネシア語の学習記録です。

人間の価値は減価償却できるのか

 

こんばんは。

 

先日会計について少し学ぶ機会がありまして、

今回は会計学の中で特に私が特に興味をひかれた減価償却

について書いていこうと思います。

 

今回はインドネシア語で記事を進めていきますが、

最後に出現単語の日本語訳を載せます。

 

Mari kita kenal tentang akuntansi

 

Akuntansi atau pembukuan adalah sebuah ilmu untuk mencatat atau membukukan segala aspek keuangan dalam sebuah organisasi dengan tujuan untuk mengelola aset dan melaporkan informasi keuangan kepada pihak yang berkepentingan. 

 

Kenapa akuntansi itu penting dan diperlukan bagi sebuah entitas bisnis? 

Karena dengan mencatat arus keluar masuk uang untuk mengetahui pasti posisi keuangan, suatu perusahaan dapat mengambil keputusan yang paling tepat dalam pemasaran atau manajemen. 



Di sisi lain, tahukah Anda akuntansi juga bisa dimanfaatkan untuk mengurangi beban pajak? 

 

Artinya, strategis bisnis sangat ada kaitannya dengan “depresiasi”. 

 

Menurut Wikipedia, depresiasi atau penyusutan dalam akuntansi adalah alokasi sistematis jumlah yang dapat disusutkan dari suatu aset selama umur manfaatnya.

 

Supaya lebih jelasnya, menurut saya depresiasi adalah salah satu cara untuk membukukan biaya perolehan suatu aktiva tetap dengan membagikan total harga ke pembukuan dalam rentang beberapa tahun supaya keuntungan serta kerugian di dalam laporannya tidak mengalami kekacauan. 

 

Contohnya, perusahaan saya membeli mesin pencetak seharga 5oo ribu yen agar efisiensi pekerjaan di kantor saya meningkat dan harga 500 ribu yen itu dibiayakan oleh perusahaan saya. Namun, pembelian mesin pencetak tersebut bisa dikatakan juga mengurangi laba yang diperoleh perusahaan saya bahkan hingga mengalami kerugian pada tahun pembelian mesin pencetak, tetapi karena efisiensi pekerjaannya meningkat, maka profitnya meningkat pada tahun-tahun berikutnya. Tujuan utama dari depresiasi adalah untuk mencegah timbulnya perselisihan tersebut.  

https://advisors-freee.jp/article/category/cat-big-03/cat-small-08/6906/



Setelah sedikit menggali depresiasi, pertanyaan yang muncul di benak saya adalah apakah manusia juga bisa dihitung nilainya dengan metode depresiasi atau tidak. Karena seperti yang kita ketahui, manusia mengalami penuaan sama seperti barang-barang yang mengalami kerusakan atau berkurangnya performa seiring dengan berjalannya waktu. 

 

Namun, sepertinya dugaan saya ini salah dan hal itu telah dijelaskan dalam situs yang saya tautkan di bawah: 

https://www23.sapporo-c.ed.jp/keihoku/index.cfm/19,5007,c,html/5007/mcry98.pdf

Di sini dinyatakan pandangan seorang ahli akuntansi, Tatsuo Inoue, “Jika kita berpikir secara wajar, tentu saja pengetahuan manusia tidak bisa disusutkan karena apabila kita secara aktif berusaha menguasai suatu ilmu atau keahlian dan kemudian kita memanfaatkan apa yang telah kita peroleh ke depannya, maka nilai kita akan terus meningkat seiring dengan waktu. Namun, jika kita bermalas, nilai kita akan terus berkurang.”

Pernyataan ini bisa kita artikan bahwa pengetahuan manusia bisa mengalami depresiasi jika kita tidak terus berusaha untuk meningkatkannya. 

 

Menanggapi pernyataan tersebut, penulis artikel di tautan ini juga mengatakan bahwa pengetahuan atau ilmu yang kita peroleh adalah aset yang sangat penting. Tergantung bagaimana kita memanfaatkannya, nilai pasar kita bisa meningkat. Namun, era ini adalah masa yang perubahannya sangat dinamis sehingga cara belajar serta nilai pengetahuan pun terus berubah dengan berbagai inovasi di setiap industri yang menciptakan ilmu baru. 

Bagaimana pun, ada ilmu yang tidak relevan dengan makin modernisasinya zaman. 

 

Meski begitu, hal itu bukan berarti mempelajari dan mengingat banyak ilmu adalah hal yang sia-sia. Artinya, hal yang penting untuk kita lakukan adalah mengetahui apa yang tidak bisa dilakukan orang lain maupun kecerdasan buatan yang kian berkembang dan juga mengetahui berapa lama masa manfaat diri sendiri. Dengan mengetahui hal tersebut, kita juga bisa tahu bagaimana keahlian yang perlu dikembangkan sesuai dengan permintaan masyarakat serta berapa lama yang dibutuhkan untuk meraih keahlian tersebut dan pada akhirnya kita juga bisa memasarkan diri sendiri secara strategis. 



Kosakata & Ungkapan: 

  • depresiasi / penyusutan: 減価償却
  • amortisasi: 無形固定資産(hak paten, hak cipta)の償却費 
  • pihak yang berkepentingan: 利害関係者
  • harga perolehan / biaya awal perolehan: 取得費用
  • masa / umur manfaat: 使用期間
  • aset / aktiva tetap: 固定資産
  • membukukan: 計上する
  • pajak penghasilan: 所得税
  • barang bergerak: 動産
  • kecerdasan buatan: AI・人口知能
  • laporan keuangan: 財務諸表・決算書



終わりに:

恥ずかしながら私は算数・数学が本当に苦手で、

会計学は一生私が触れることのない学問だと思っていました。

 

しかし、社会で生きていくにおいて、

お金とは私たちが日々消費し獲得していくものです。

思いもしない不利益に遭ったりしないように、

また、賢くお金を管理してコツコツ増やしていくためには、

会計に関する知識はとても役立つものだと思いました。

 

私たち自身についても同様です。

機械化・グローバル化が進む現代で、私たちの市場的価値を使用期間から

計算していけば、おのずと需要に合わせて伸ばしていくべきスキルなどの

方向性が見えてくるのではないかと考えています。

 

会計を学び始めた浅い知識で語ってしまいました。

何か間違い等ありましたらご指摘ください。

 

今回もお読みいただきありがとうございました。

 

                            25 Feb 2022 Takakuat